DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Jadwal KA Blambangan Ekspres Berubah, Rute Perjalanan Diperpanjang dari Ketapang hingga Stasiun Pasar Senen Jakarta

image
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember memperpanjang rute perjalanan Kereta Api Blambangan Ekspres, dari Stasiun Ketapang menuju Stasiun Pasar Senen. (Politikabc.com/Daop 9 Jember)

POLITIKABC.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember memperpanjang rute perjalanan Kereta Api Blambangan Ekspres dari sebelumnya relasi Stasiun Ketapang – Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng menjadi relasi Stasiun Ketapang – Stasiun Pasar Senen di Jakarta mulai Jumat, 26 Juli 2024.

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro mengatakan, bagi para penumpang yang sudah memiliki tiket KA Blambangan Ekspres keberangkatan dari Stasiun Ketapang hari Jumat 26 Juli, agar melakukan pengecekan kembali jam keberangkatan, karena mulai hari itu KA Blambangan berubah jam keberangkatan.

KA Blambangan Ekspres katanya, akan diberangkatkan pada pukul 14.50 WIB dari Stasiun Ketapang dan tiba di tujuan Stasiun Pasar Senen Jakarta pukul 07.15 WIB. 

Baca Juga: Kereta Cepat ke Surabaya Digarap China Lagi? Ini Jawaban Luhut

Sedangkan arah sebaliknya, berangkat dari Stasiun Pasar Senin pukul 12.15 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang 04.55 WIB.

“Menempuh jarak 1.031 kilometer dengan waktu tempuh 16 jam 25 menit, KA Blambangan Ekspres memecahkan rekor KA dengan rute terjauh yang dioperasikan KAI, mengalahkan KA Pandalungan yang menempuh jarak 919 kilometer,” terang Cahyo melalui keterangan tertulis yang diterima Politikabc.com, Kamis 25 Juli 2025. 

Adapun untuk kelas pelayanan KA Blambangan Ekspres terdiri dari kelas eksekutif dan ekonomi dengan rangkaian new generation dan total kapasitas yang tersedia sebanyak 408 tempat duduk.

Baca Juga: Kasus Korupsi Proyek Jalur Kereta Api, Ini Tiga Mantan Pejabat Kemenhub yang Didakwa Rugikan Negara hingga Rp1,15 Triliun

“Saat ini penjualan tiket untuk KA Blambangan Ekspres tujuan Jakarta keberangkatan Jumat 26 Juli sudah dibuka, untuk kelas ekonomi harga mulai Rp. 505.000, sedangkan untuk kelas eksekutif dengan harga Rp. 775.000,” imbuhnya.

Hadirnya KA Blambangan Ekspres yang diperpanjang rutenya hingga Jakarta, adalah jawaban dari tingginya animo masyarakat wilayah tapal kuda untuk bepergian menuju Jakarta. 

Hal itu terlihat dari okupansi KA Pandalungan yang rata-rata keterisiannya mencapai 70 persen dari kapasitas tempat duduk per hari.

Baca Juga: Kasus Korupsi Proyek Pembangunan Jalur Kereta Api Besitang-Langsa, Pelaku Mengaku Hanya Laksanakan Perintah

Untuk info selengkapnya terkait operasional KA Pandalungan, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121.

“KAI Daop 9 Jember berharap perpanjangan rute KA Blambangan Ekspres ini dapat meningkatkan minat masyarakat tapal kuda yang akan menuju Jakarta atau sebaliknya masyarakat yang akan berwisata di wilayah Banyuwangi dan sekitarnya dengan menggunakan kereta api,” pungkas Cahyo.***

Berita Terkait