DECEMBER 9, 2022
News

Ini Prioritas ASN yang Bakal Dipindah ke IKN, Tak Hanya Lajang Namun Juga Punya Keahlian Ini

image
Pemerintah memprioritaskan ASN yang lajang untuk dipindahkan ke IKN. Hal ini disampaikan Asisten Deputi Standarisasi Jabatan dan Kompetensi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Arizal. (Antara)

POLITIKABC.COM - Pemerintah mengutamakan aparatur sipil negara (ASN) yang masih lajang untuk dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kendati demikian, pemerintah menyatakan prioritas itu tidak hanya sebatas ASN yang masih berstatus lajang. Namun juga ASN yang memiliki keahlian tertentu.

Hal itu disampaikan Asisten Deputi Standarisasi Jabatan dan Kompetensi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Arizal dalam acara ASN Festival 'Gerakan Bangun Nusantara' di Antara Heritage Center (AHC) Pasar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu 3 Agustus 2024.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dijadwalkan Kembali Ke Jakarta, Usai Ngantor di IKN Sejak Senin Kemarin

"Nah, jadi terkait dengan kompetensi ASN yang dipindah. Ini memang diminta bahwa mereka yang menguasai itu di literasi digital," ujar Arizal.

Menurutnya, dinamika pekerjaan di IKN sudah sangat berbeda. Hal ini selaras dengan Peraturan Menpan RB Nomor 7 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi.

Dalam upaya menyederhanakan birokrasi, teknologi informasi memainkan peran utama sebagai penggerak dalam proses transformasi ini.

Baca Juga: Kadin Meminta Dukungan ke Presiden Jokowi Agar Pengusaha Lokal di IKN Bisa Jadi Pemain Utama

Selain itu, untuk membangun kompetensi dan kompetisi sesama ASN diatur dalam Permenpan-RB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai ASN.

"Jadi ke depan, kalau ASN tidak berkinerja, ya mohon maaf, dia akan ketinggalan," katanya.

Menurutnya, ASN yang memiliki kinerja baik merupakan pegawai yang profesional. Oleh karena itu, penempatan ke dalam jabatan yang lebih tinggi akan lebih cepat.

Baca Juga: Siap-siap, Buat ASN yang Masih Lajang akan Jadi Prioritas Dipindahkan ke IKN

"Jadi sudah dibangun, makanya saat ini sedang disusun PP tentang manajemen ASN," pungkas Arizal.***

Sumber: Antara

Berita Terkait