DECEMBER 9, 2022
Teknologi

Bertekat Maju di Pilkada 2024, Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem Mundur dari Jabatannya

image
Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem mundur dari jabatannya untuk maju di Pilkada 2024. (ANTARA/Susanti Sako)

POLITIKABC.COM - Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem memutuskan untuk mundur dari jabatannya karena berencana ikut kontestasi Pilkada 2024.

Fadliyanto Koem menyampaikan surat pengunduran diri sudah dia layangkan pada 8 Juli 2024 langsung ke KPU RI.

Fadliyanto Koem menyatakan keputusan pengunduran diri tersebut karena dirinya diminta sejumlah tokoh untuk ikut Pemilihan Pilkada Kabupaten Gorontalo.

Baca Juga: Jumlah Korban Tanah Longsor di Areal Tambang Emas Gorontalo Capai 325 Orang, 280 di Antaranya Selamat

"Sejumlah tokoh meminta saya untuk maju pada pilkada. Setelah berkomunikasi dengan orang tua dan keluarga, serta melakukan ikhtiar spiritual melalui shalat Istikharah, keputusan ini pun diambil," kata Fadli, dikutip Senin 15 Juli 2024. 

Setelah menyampaikan surat pengunduran diri, tambah Fadli, secara etis dirinya tidak lagi aktif dalam tugas-tugas selaku ketua KPU Provinsi Gorontalo.

Namun, dia memastikan jika aspek-aspek prinsip dari proses penyelenggaraan tahapan pemilihan kepala daerah sudah dipenuhi, baik infrastruktur maupun suprastruktur yang telah dirampungkan.

Baca Juga: 15 Orang Belum Ditemukan, Operasi SAR Pencarian Korban Tanah Longsor di Gorontalo Resmi Ditutup

Selanjutnya pelaksanaan teknis pilkada akan berjalan sesuai dengan yang telah disiapkan.

"Dengan perjalanan penataan emosi yang panjang, akhirnya saya memilih mundur. Namun, amanah dalam semua proses persiapan untuk suksesnya pilkada tahun 2024 sudah dirampungkan, termasuk sosialisasi dan peningkatan kualitas partisipasi pemilih. Selanjutnya KPU provinsi, kabupaten dan kota akan melaksanakan seluruh tahapan yang sudah didesain sejak dini," katanya.

Mengenai pilkada, Fadli memastikan akan menjalankan amanah dari para tokoh Gorontalo.

"Soal partai politik saya belum melakukan komunikasi dan konsolidasi," imbuh Fadliyanto yang telah dua periode menjabat Ketua KPU Provinsi Gorontalo.***

Sumber: Antara

Berita Terkait