DECEMBER 9, 2022
Teknologi

Pastikan Punya Hak Memilih Calon Pemimpin Terbaik di Pilkada 2024, Yuk Segera Cek Data Pemilih di KPU

image
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (kanan) menempelkan stiker pendataan pencocokan dan penelitian (coklit) yang diberikan oleh Pantarlih di kediamannya/ ANTARA/HO/Pemkot Makassar

POLITIKABC.COM - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengimbau agar masyarakat di wilayahnya untuk proaktif mengecek data pemilihnya di KPU untuk memastikan hak pilihnya pada Pilkada 2024.

Seperti diketahui, saat ini para petugas pemutakhiran data pemilih sedang berkeliling dari rumah ke rumah untuk melakukan pendataan, pencocokan dan penelitian (coklit) kepada para pemilik suara di Pilkada 2024. 

Danny - sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan kunjungan Pantarlih ke kediamannya juga bertujuan untuk mencocokkan dan meneliti kembali data pemilih yang nantinya berpartisipasi di Pilkada 2024.

Baca Juga: KPU Kabupaten Supiori Papua Siapkan Petugas Pantarlih untuk Pulau Terluar, Terpencil dan Terdepan

Dia menyebut Coklit itu merupakan salah satu tahapan penting dalam memasuki rangkaian Pilkada 2024.

“Tahapan ini untuk mencocokkan data pemilih sehingga masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada nanti sesuai dengan hasil Coklit itu,” katanya, Rabu 10 Juli 2024. 

Danny juga mengatakan bahwa Pilkada 2024 merupakan pemilihan kepala daerah serentak baik di provinsi maupun kabupaten/kota, dan diharapkan pelaksanaannya berjalan dengan aman dan damai.

Baca Juga: Peneliti TII Christina Clarissa Intania NIlai Petugas Pantarlih Kunci Sukses Pendataan Pemilih Disabilitas

Wali Kota Makassar dua periode itu mengajak masyarakat Makassar untuk ikut berperan aktif dalam menyukseskan Pilkada 2024 melalui pemutakhiran data pemilih. 

"Saya imbau masyarakat harus pro-aktif mengecek. Jangan sampai nanti begitu muncul di daftar tidak ada namanya baru bicara," ujarnya.

"Ada prosedur untuk mengklarifikasi secara sendiri tentang anggota keluarga yang sudah bisa memilih. Terutama pemilih baru, itu yang mesti diupdate. Bantu KPU, bantu Bawaslu untuk memverifikasi anggota keluarga kita," terangnya.

Baca Juga: Tidak Punya Hak BPJS, KPU Rejang Lebong Beri Jaminan Pengobatan untuk Petugas Pantarlih yang Tertimpa Musibah

Pada kesempatan itu, Danny Pomanto mengucapkan terima kasih kepada KPU dan juga Bawaslu karena bekerja dengan maksimal di dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024. 

Apalagi Makassar mempunyai sejarah menjadi yang terbaik di dalam penyelenggaraan pemilu. 

Ia pun mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada kontestasi politik lima tahunan untuk memilih pemimpin yang baik.

"Mari ke TPS, tetapkan pilihan kita. Pilihan kita lima detik akan menentukan nasib kita lima tahun ke depan. Jangan Golput," ucap Danny Pomanto.***

Sumber: Antara

Berita Terkait