DECEMBER 9, 2022
News

Kronologi Dua Warga Negara Asing asal Inggris Tersesat ketika Mendaki di Gunung Agung di Ketinggian 1.700 Mdpl

image
Basarnas Bali saat mengevakuasi WNA Inggris yang sempat tersesat di Gunung Agung, Bali. ANTARA/Ho-Basarnas

POLITIKABC.COM -  Basarnas Bali akhirnya berhasil menyelamatkan dua warga negara asing (WNA) asal Inggris yang sempat hilang atau tersesat ketika melakukan pendakian di Gunung Agung, Karangasem, Bali. Berikut kronologi peristiwa tersebut.

Kepala Basarnas Bali I Nyoman Sidakarya mengatakan kedua laki-laki tersebut berhasil ditemukan setelah masyarakat dan Tim SAR gabungan mendengar teriakan meminta tolong.

Usai mendengar teriakan itu, Tim SAR pada pukul 18.15 WITA, kemudian menuju lokasi teriakan dan target ditemukan dalam kondisi sehat di ketinggian 1.700 Mdpl.

Baca Juga: Gedung BPBD Bali Terbakar Disebut akibat Korsleting Listrik, TIm Labfor Terus Dalami Penyebabnya

“Dari informasi masyarakat dan tim yang kami gali ada suara teriak minta tolong," kata Sidakarya, Kamis 4 Juli 2024. 

Sidakarya menyebut WNA Inggris tersebut berinisial MF dan MS, dimana sejak Rabu 3 Juli, kemarin keduanya melakukan pendakian namun temannya yang lain tidak dapat menghubungi mereka melalui telepon.

Laporan akhirnya masuk ke Basarnas Bali dari Konsulat Inggris sore tadi, namun tidak ada informasi mengenai titik awal pendakian MF dan MS kecuali ditemukannya sepeda motor yang terparkir di dekat jalur pendakian tepatnya Pura Pasar Agung, Bebandem.

Baca Juga: Pemprov Bali Setujui Usulan Agar Wisatawan Mancanegara yang Bendel Tak Bayar Pungutan Dijatuhi Sanksi

“Dari penemuan sepeda motor, kepolisian menggali informasi sepeda motor tersebut ada nomor rental dan betul WNA yang kami cari yang memiliki motor rental tersebut,” ujarnya.

Sidakarya kemudian menurunkan enam personel dari Pos SAR Karangasem sekitar pukul 16.20 Wita, dan selama pencarian dibantu unsur SAR terkait seperti Polsek Bebandem, perangkat kecamatan Bebandem dan Desa Jungutan, babinsa bhabinkamtimbas, pemandu lokal dan masyarakat setempat.

Setelah berhasil diselamatkan, WNA Inggris tersebut dibantu turun ke posko untuk diberikan bantuan medis kemudian diarahkan untuk dievakuasi ke kantor kepolisian.

Baca Juga: Krisis Kemanusiaan di Gaza, Banyak Rumah Sakit Kembali Harus Tutup akibat Tak Ada Bahan Bakar

Basarnas Bali memastikan MF dan MS ditemukan dalam kondisi selamat meskipun selama proses pencarian tim cukup kesulitan karena pencarian malam dengan jarak pandang terbatas dan kabut tebal.***

Sumber: Antara

Berita Terkait