DECEMBER 9, 2022
Nusantara

KAI Daop 9 Jember Beri Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Stasiun Rambipuji

image
Satrio Arismunandar: Artificial Intelligence Membantu Pelaku UMKM Membuat Keputusan (Politikabc.com/kiriman)

POLITIKABC.COM - Dalam rangka merayakan HUT ke-79 KAI, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember akan menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan kereta Rail Clinic (Kereta Kesehatan) dan Rail Library (Kereta Pustaka) di Stasiun Rambipuji pada Rabu, 25 September 2024.

Dalam layanan kesehatan ini, KAI Daop 9 Jember menawarkan pelayanan kesehatan primer. 

Pemeriksaan yang dilakukan mencakup pemeriksaan umum, kesehatan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan mata, laboratorium sederhana, serta penyuluhan kesehatan oleh Tim Kesehatan KAI.

Baca Juga: Kasus Warga Buang Sampah di Rel Kereta Api, Pihak Daop 1 Jakarta Gelar Edukasi Sanksi yang Bisa Diterapkan

“KAI Daop 9 Jember berkolaborasi dengan lembaga Bangun Sejahtera Indonesia Maslahat (BSI Maslahat) dan didukung oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) KAI menghadirkan layanan kesehatan gratis untuk masyarakat di wilayah Stasiun Rambipuji dan sekitarnya,” kata Vice President KAI Daop 9 Jember, Hengky Prasetyo melalui keterangan tertulis.

"Total KAI Daop 9 Jember melibatkan 23 tenaga kesehatan yang akan memberikan pengobatan secara cuma-cuma kepada masyarakat di Stasiun Rambipuji. 23 tenaga kesehatan tersebut meliputi dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, apoteker dan asisten apoteker," terangnya.

Selain pelayanan kesehatan secara gratis, KAI Daop 9 Jember juga membagikan 68 buah kacamata baca untuk anak SD, 201 buah kacamata dan 3 kursi roda untuk masyarakat yang membutuhkan tetapi kurang mampu.

Baca Juga: Daop 6 Yogyakarta Ingatkan agar Masyarakat Waspadai Modus Penipuan Berkedok Rekrutmen Pegawai PT KAI

“Pada kegiatan Rail Clinic tahun 2024 ini, KAI Daop 9 Jember didukung oleh dua lembaga penyalur zakat yakni BSI Maslahat dan UPZ KAI, untuk itu dalam penyalurannya harus memenuhi 8 kriteria penerima zakat, diantaranya Fakir, Miskin, Mualaf, Riqab (budak), Gharim (orang yang terjebak hutang), Amil (penanggung jawab harta yang di zakatkan), Fisabilillah dan Ibnu Sabil,” ungkapnya.

Selain layanan kesehatan, pada rangkaian Kereta Rail Clinic juga terdapat layanan Rail Library.

Para siswa maupun masyarakat sekitar yang hadir dapat memanfaatkan fasilitas yang menyediakan ratusan buku bacaan tersebut, selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas e-Library atau perpustakaan elektronik berupa monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif yang terkoneksi dengan internet.

Baca Juga: Daop 9 Jember Kembali Operasikan KA Mutiara Timur Relasi Ketapang Banyuwangi-Surabaya Setiap Hari

Selain layanan kesehatan, KAI Daop 9 Jember juga memberikan penyuluhan kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada murid SDN 3 Rambigundam, SDN 2 Rambipuji dan SDN 3 Rambipuji. Disamping itu anak-anak juga diberikan sosialisasi terkait keselamatan dan keamanan perjalanan KA oleh tim Daop 9 Jember.

"Dengan adanya pengobatan gratis melalui Rail Clinic ini, KAI Daop 9 Jember berharap dapat meningkatkan taraf kesehatan warga yang berada di sekitar stasiun wilayah kerja KAI.

Selain itu KAI juga berharap kepada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan stasiun atau rel kereta api, untuk turut menjaga dan peduli dengan keselamatan perjalanan kereta api," pungkas Hengky.***

Berita Terkait