DECEMBER 9, 2022
Humaniora

7 Doa Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

image
7 Doa Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya. (Pexels.com/RDNE Stock project)

POLITIKABC.COM - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah salah satu momen yang sangat dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. 

Di hari kelahiran Rasulullah, berbagai tradisi dan kegiatan keagamaan dilakukan sebagai bentuk cinta dan penghormatan kepada sosok teladan umat ini. 

Salah satu yang tidak pernah terlewatkan adalah memperbanyak doa, mengingat kebaikan dan ajaran Rasulullah, serta mendoakan keselamatan dan keberkahan bagi umat.

Baca Juga: 5 Tradisi Unik yang Menyemarakkan Perayaan Maulid Nabi Muhammad di Indonesia

Berdoa pada momen Maulid Nabi Muhammad SAW tidak hanya merupakan bentuk penghambaan kepada Allah SWT, tetapi juga kesempatan besar untuk memohon syafaat melalui kecintaan kepada Nabi. 

Berikut adalah 7 doa yang dapat dipanjatkan saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, lengkap dengan teks Arab, Latin, dan artinya.

1. Doa Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW

Baca Juga: Sejarah Maulid Nabi Muhammad di Indonesia, Merayakan Cinta dan Teladanya

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي خَاتِمَةِ شَهْرِنَا هذَا ، وَأَقْدِمْ عَلَيْنَا رَبِيع الْأَوَّلِ بِصَلَاحِ الْبِلَادِ وَالْعِبَادِ وَدَفْعِ الْبَلَاءِ وَالْفَسَادِ وَتَفْرِيجِ كَرْبِ أمَّةِ حَبِيبِك مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْخَافِي وَالْبَادِ ، يَاكَرِيمْ يَاجُوادْ

"Allaahumma baarik lanaa fi khootimati syahrina Hadza, wa aqdim 'alainaa Robi'uul awwali bisholaahil balaadi wal 'ibaadi wa daf'il balaa-i wal fasaadi watafriiji karbi ummati habibika Muhammad shollallahu 'alaihi wasallama fil kholfii wal baadi Ya Kariim ya Juwaad".

"Ya Allah berkahilah kami di pengujung bulan (Safar) ini dan datangkanlah kepada kami bulan Rabiul Awal dengan diberi kebaikan kepada negara dan orang-orang di dalamnya. Diangkatkan bala dan kerusakan dan hilangkanlah kesedihan, kesusahan umat Nabi Muhammad SAW yang tersembunyi atau yang terlihat, wahai yang Maha Mulia dan Maha Dermawan." (Doa ini terdapat dalam Kitab Bughyatu Thalib fi Safinah karya Habib Ali bin Ahmad bin Abdullah bin Thalib bin Ali bin Hasan Al Athas).

Baca Juga: Maulid Nabi Muhammad 2024 Jatuh pada Hari Apa? Ini Tanggal Peringatannya!

2. Doa Maulid Nabi dengan Membaca Sholawat Singkat

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ

"Allahumma sholli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad."

Baca Juga: 20 Ucapan Terbaik Menyambut Maulid Nabi Muhammad yang Penuh Makna dan Berkah

Artinya : Ya Allah berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.

3. Doa Maulid Nabi dengan Membaca Sholawat Ummi

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

"Allāhumma shalli 'ala Muhammad 'abdika wa rasulika an-nabiyyil ummiyyi wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallim".

Artinya "Ya Allah, limpahkanlah sholawat-Mu kepada Muhammad, hamba, Nabi dan Rasul-Mu, seorang Nabi yang ummi."

4. Doa Maulid Nabi dengan Membaca Sholawat Bani Hasyim

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى النَّبِيِّ الْهَـاشِمِيِّ مُحَمَّدٍ وَّعَلَى الِه وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا

"Allahumma shalli 'alán-nabiyil hasyimiyyi Muhammadin wa'ala alihi wa sallim tasliman".

Artinya:"Ya Allah, berikanlah rahmat serta salam kepada seorang nabi keturunan Bangsawan Hasyim, yakni Muhammad beserta keluarganya, semogalah tetap selamat dan sejahtera."

5. Doa Maulid Nabi dengan Membaca Sholawat Ibrohimmiya

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أَٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعٰلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

"Allahumma shalli 'alaa Muhammad wa'alaa aali Muhammadin, kamaa shallaita'alaa Ibrahiim wa'alaa aali Ibrahiima, wabaarik'alaa Muhammadin wa'alaa aali Muhammadin, kama baarakta'alaa Ibraahim wa'alaa aali Ibrahiima, fil 'aalamiina innaka hamiidun majiid".

Artinya : "Ya Allah, limpahkan sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaiman yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaiman Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya.

6. Doa Maulid Nabi dengan Membaca Sholawat Al-Fatih

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ

عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

"Allahumma shalli wa sallim wa barik 'ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada yang baca shiratikal mustaqim). Shallallahu 'alayhi, wa 'ala alihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil 'azhim".

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad saw, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.

7. Doa Maulid Nabi dengan Membaca Sholawat Nariyah

للّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

"Allahumma shalli shalatan kamilatan wa sallim salaman tamman `ala sayyidina Muhammadinil-ladzi tanḫallu bihil-`uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdla bihil-ḫawaju wa tunalu bihir-ragha'ibu wa husnul-khawatimi wa yustasqal-ghamamu biwajhihil-karimi wa `ala alihi wa shahbihi fî kulli lamhatin wa nafasin bi`adadi kulli ma`lumilak(a").

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau,".

Masing-masing doa ini memiliki makna mendalam, mencakup segala aspek kehidupan umat manusia, baik di dunia maupun di akhirat.

Berdoa pada saat Maulid Nabi tidak hanya sekadar rutinitas, tetapi menjadi penghubung yang kuat antara hamba dengan Sang Pencipta serta kecintaan kepada Rasulullah.

Selain membaca doa-doa tersebut, banyak ulama menganjurkan untuk memperbanyak shalawat sebagai salah satu amalan yang sangat disukai Rasulullah.

Setiap shalawat yang kita panjatkan akan kembali kepada kita dalam bentuk kebaikan dan pahala yang berlipat ganda.

Dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, kita diingatkan untuk kembali meneladani sifat dan perilaku beliau dalam kehidupan sehari-hari. 

Momen ini bukan hanya ajang seremonial, tetapi juga kesempatan untuk merenung dan memperbaiki diri.

Memperbanyak doa dan amal shalih menjadi jalan kita untuk semakin dekat kepada Allah SWT dan mendapatkan syafaat Rasulullah SAW di hari kiamat kelak.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan besar ini! Mari kita perbanyak doa dan bershalawat dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dengan harapan hidup kita dipenuhi berkah, rahmat, dan petunjuk dari Allah SWT.***

Penulis : Rifqi Afiyatul Maula Rohman

 

Berita Terkait