DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Rano Karno: Dari Dunia Hiburan ke Panggung Politik, Perjalanan Tokoh Si Doel yang Menginspirasi

image
Foto Rano Karno. (INSTAGRAM/@si.rano)

POLITIKABC.COM - Nama Rano Karno sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Dikenal sebagai aktor kawakan dan terkenal lewat perannya sebagai “Si Doel” dalam sinetron legendaris “Si Doel Anak Sekolahan”, Rano Karno kini memasuki cerita baru dalam karirnya di dunia politik. 

Kini ia maju di Pilkada DKI Jakarta. Pramono Anung-Rano Karno resmi mendaftar sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Komisi Pemilihan Umum atau KPU DKI Jakarta, Rabu 28 Agustus 2024.

Pasangan Pramono Anung-Rano Karno yang awalnya diusung PDIP, juga didukung Partai Hanura. Dengan bertambahnya dukungan, presentase suara sekitar 14,46 persen. Berikut profil singkat dan perjalanan tokoh Si Doel yang menginspirasi.

Baca Juga: PDIP Dukung Anies Baswedan dan Rano Karno di Pilkada DKI Jakarta 2024

Rano Karno, lahir 8 Oktober 1960 di Jakarta, merupakan seorang aktor, sutradara, dan politikus yang sudah berkecimpung di dunia hiburan sejak kecil. Memulai karirnya sebagai aktor cilik, Rano menjadi terkenal dengan peran ikoniknya di banyak film dan serial televisi. 

Setelah puluhan tahun berkecimpung di dunia hiburan, Rano Karno memutuskan terjun ke dunia politik. Keinginannya untuk berbuat lebih banyak bagi masyarakat dan menerapkan nilai-nilai yang dipelajarinya dari dunia seni memotivasinya untuk mengambil langkah tersebut. Pada tahun 2008, Rano memulai aktivitas politiknya dengan bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Rano memulai karir politiknya dengan sungguh-sungguh pada tahun 2008 saat mencalonkan diri sebagai wakil bupati Tangerang. Ia kemudian menjabat Wakil Gubernur Banten pada tahun 2012, sebelum diangkat menjadi Gubernur Banten pada tahun 2015 setelah Ratu Atut Chosiyah tersangkut kasus korupsi. 

Baca Juga: Mendaftar ke KPU Jakarta Hari Ini, Si Doel Anak Betawi Rano Karno Sebut Doa Babeh Sabeni Sepertinya akan Terwujud

Karier politik Rano Karno berpusat di Provinsi Banten. Di sini mereka memfokuskan perhatiannya pada pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan perlindungan sosial, dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup warga Banten. 
 
Rano Karno terpilih untuk terus memimpin Banten karena integritasnya yang tinggi dan rekam jejaknya yang sempurna di dunia hiburan dan politik. Selain itu, keahliannya dalam berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai kalangan juga memberinya kepercayaan diri untuk memimpin.  

Perjalanan Rano Karno di dunia politik penuh tantangan dan prestasi. Dari sosok aktor yang sangat diapresiasi masyarakat, ia terbukti mampu menjadi pemimpin yang mengutamakan kepentingan rakyat. Meski bukan lagi gubernur, Rano tetap aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial dan politik, menunjukkan komitmennya yang teguh terhadap pembangunan bangsa.  

Dengan perjalanan karier yang panjang dan berliku, Rano Karno kini dikenal sebagai sosok inspiratif, baik di dunia hiburan maupun politik. Masyarakat pun menantikan langkah "Si Doel" selanjutnya dalam berkontribusi bagi Indonesia.***

Baca Juga: Pilkada DKI Jakarta: Pramono Anung Menyatakan Siap Mundur Sebagai Sekretaris Kabinet

Penulis : Rifqi Afiyatul Maula Rohman

 

Berita Terkait