DECEMBER 9, 2022
Nusantara

BKPSDM Sebut Bali Terima 105 Formasi CPNS, Berikut Rinciannya

image
Plh Kepala BKPSDM Bali Dewa Sunartha diwawancara soal formasi CPNS di Provinsi Bali. ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

POLITKABC.COM - Plh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bali, I Dewa Putu Sunartha, menginformasikan bahwa tahun ini Bali mendapatkan kuota 105 formasi CPNS.

Menurut I Dewa Putu Sunartha, dari jumlah tersebut, 66 formasi diisi oleh tenaga teknis, dengan 15 di antaranya diperuntukkan bagi posisi fasilitator bahasa isyarat.

Pemprov Bali membuka kesempatan bagi pendaftar yang merupakan penyandang disabilitas untuk mengikuti proses pendaftaran yang berlangsung dari 20 Agustus hingga 6 September. Proses seleksi akan meliputi seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang.

Baca Juga: Pemkab Manokwari Buka Rekrutmen 308 CPNS, Cek Formasinya di Sini

Dewa Sunartha juga mengungkapkan bahwa Pemprov Bali awalnya mengajukan 5.010 formasi, namun hanya 105 formasi yang diberikan untuk CPNS. Sisanya diharapkan akan dialokasikan untuk rekrutmen PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

“Pendaftaran seleksi CPNS 2024 dibuka bukan hanya untuk tenaga kesehatan, tapi tenaga teknis dengan rincian tenaga kesehatan 39 formasi dan tenaga teknis 66 formasi,” kata dia, Selasa 20 Agustus 2024. 

“PPPK 4 ribuan tinggal menunggu kebijakan pusat kapan dilakukan seleksi, informasinya 2024 tapi belum ada dari kementerian atau BKN ini baru informasi dari pendaftaran seleksi CPNS,” ujarnya.

Baca Juga: Rekrutmen CPNS di Kabupaten Pasaman Barat Tidak Memiliki Formasi Lengkap

BKPSDM Bali mengakui jumlah penerimaan saat ini lebih sedikit dari rekrutmen terakhir, namun mereka menyadari pemerintah pusat sedang melakukan transformasi.

Nantinya diharapkan masyarakat terutama tenaga honorer lebih banyak terserap di PPPK, sebab menurut Dewa Sunartha keduanya sama saja mendapat hak setara.

Pada hari pertama ini ia belum melihat kondisi di sistem pendaftaran sehingga belum mengetahui antusias pelamar di lingkup Provinsi Bali.

Baca Juga: Menpan RB Abdullah Azwar Anas Umumkan Rekrutmen CPNS Dibuka Mulai 20 Agustus, Catat Syarat dan Formasinya

“Kami monitor mungkin 2 atau 3 hari lagi karena mereka baru baca hari ini, kadang ada juga yang menunggu dan memantau dulu, tentu kami harapkan ini peluang bagi masyarakat untuk bisa ikut berpartisipasi sesuai dengan formasi yang ada,” kata dia.***

Sumber: Antara

Berita Terkait