DECEMBER 9, 2022
Teknologi

Platform Media Sosial X Umumkan Fitur Login Passkey untuk Ponsel Android, Begini Fungsi dan Cara Kerjanya

image
Logo aplikasi X di ponsel pintar. (ANTARA/Livia Kristianti/am)

POLITIKABC.COM - Pada hari Kamis 15 Agustus 2024, platform media sosial X mengumumkan bahwa fitur login Passkey kini dapat digunakan pada aplikasi mereka di Android.

Fitur login Passkey pertama kali diluncurkan untuk pengguna iOS di Amerika Serikat pada bulan Januari dan telah diperluas ke seluruh dunia pada bulan April.

Fitur login Passkey adalah metode autentikasi baru yang diklaim lebih aman dibandingkan dengan kata sandi tradisional. Teknologi ini telah diterima oleh berbagai aplikasi, termasuk PayPal, TikTok, dan WhatsApp.

Baca Juga: Cara Unik Pemprov DKI Jakarta Gunakan Teknologi di Museum Nasional untuk Perkenalkan Wayang Nusantara

"Kami mulai meluncurkan Passkey sebagai opsi login di Android!" demikian keterangan yang diunggah akun @Safety di platform X pada Kamis 15 Agustus 2024. 

Diinisiasi oleh Google, Apple, Microsoft, dan FIDO Alliance bersama dengan World Wide Web Consortium, teknologi Passkey dimaksudkan untuk membuat login tanpa password tersedia di berbagai perangkat, sistem operasi, dan peramban web.

Berbeda dengan login yang hanya mengandalkan kombinasi nama pengguna dan password, Passkey menggunakan otentikasi biometrik seperti Face ID atau Touch ID, PIN, atau kunci otentikasi keamanan fisik untuk memvalidasi percobaan login.

Baca Juga: Duh! 4.400 Penerbangan di Seluruh Dunia Dibatalkan akibat Gangguan Teknologi Informasi, Begini Penjelasan FlightAware

Proses ini menggabungkan manfaat dari otentikasi dua faktor (2FA) menjadi satu langkah untuk membuat proses login lebih lancar sekaligus lebih aman.

Pengguna X tetap diwajibkan membuat password untuk membuat akun. Ketika sudah membuat akun dan membuka aplikasi, pengguna platform bisa mengaktifkan fitur Passkey dengan membuka tab Security lalu memilih "Additional password protection".***

Sumber: Antara

Berita Terkait