DECEMBER 9, 2022
Politik

Berkonflik dengan PBNU, PKB Persilakan Partai Nasdem untuk Menertibkan Ucapan Effendy Choirie

image
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di kompleks parlemen, Jakarta. ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

POLITIKABC.COM -  Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mempersilakan pengurus Partai NasDem untuk menertibkan mantan kader PKB yang kini menjadi kader Partai NasDem Effendy Choirie atau Gus Choi.

Hal itu disampaikan Jazilul Fawaid merespons ucapan Effendy Choirie terkait polemik PKB dengan PBNU.

Pria yang akrab disapa Gus Jazil itu menilai Gus Choi memiliki "nol" pemahaman tentang konstitusi karena PKB dan PBNU tidak ada hubungannya. 

Baca Juga: Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf Apresiasi Sikap Jokowi yang Menyampaikan Maaf di Akhir Masa Jabatan

Keberadaan PKB diatur dalam Undang-Undang Partai Politik, sedangkan PBNU diatur dalam Undang-Undang Organisasi Masyarakat.

"Ya NasDem lebih tahulah untuk mengambil tindakan, biarkan saja," kata Jazilul di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis 8 Agustus 2024.

Gus Jazil menjelaskan bahwa AD/ART partainya tersebut tidak ada kaitannya dengan PBNU sejak pendiriannya. Tokoh-tokoh pendiri PKB dan juga pengurus PKB adalah dua hal yang berbeda berdasarkan undang-undang.

Baca Juga: Polemik Hubungan PKB dengan PBNU, Rais Syuriah akan Temui Wakil Presiden Ma’ruf Amin

Menurut dia, PKB yang didirikan para ulama merupakan aset bangsa, bukan merupakan badan otonom dari PBNU. Untuk itu, dia menuding bahwa Tim Panitia Khusus (Pansus) PBNU untuk mengharmonisasi hubungan dengan PKB adalah kegiatan yang ilegal.

"Makanya, disayangkan kalau PBNU dijadikan alat politik oleh segelintir orang. Coba aja NU di bawah semuanya berjalan dengan baik. Hubungan PKB dan NU di bawah koordinasi pengkhidmatan berjalan baik," kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI itu.

Sebelumnya, Rabu 7 Agustus, mantan politikus Partai Kebangkitan Bangsa Effendy Choirie atau Gus Choi mengatakan bahwa PKB tidak akan pernah ada tanpa peranan presiden ke-4 RI Gus Dur dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Baca Juga: Mantan Politikus Effendy Choirie Tegaskan PKB Tidak akan Pernah Ada Tanpa Peran Gus Dur dan PBNU

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa PKB dapat menjadi besar seperti saat ini juga karena peranan Gus Dur dan PBNU.

Gus Choi menjelaskan bahwa mulanya keinginan NU mendirikan partai politik didasari perkembangan situasi masyarakat setelah presiden ke-2 RI H.M. Soeharto turun, kemudian reformasi dan demokrasi terbuka.***

 

​​​​​​

Sumber: Antara

Berita Terkait