DECEMBER 9, 2022
Politik

Polemik Hubungan PKB dengan PBNU, Rais Syuriah akan Temui Wakil Presiden Ma’ruf Amin

image
Rais Syuriah PBNU sekaligus Anggota Tim Panel Pansus PBNU Cholil Nafis (tengah) di Kantor PBNU, Jakarta. (ANTARA/Rio Feisal)

POLITIKABC.COM - Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sekaligus Anggota Tim Panel Panitia Khusus PBNU, Cholil Nafis, mengatakan pihaknya akan menemui Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk membahas hubungan organisasi tersebut dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ia menjelaskan bahwa rencana mengunjungi Ma’ruf Amin merupakan salah satu upaya menghimpun informasi yang cukup untuk menjadi kebijakan PBNU dalam mengharmoniskan hubungan dengan PKB.

Selain mengunjungi Ma’ruf Amin, ia mengatakan bahwa pihaknya akan sowan kepada pengurus-pengurus senior yang ada di PKB.

Baca Juga: Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf Tegaskan Tolak Klaim PKB Terhadap NU

“In-Sya-Allah, nanti juga kami akan sowan (mendatangi), bukan memanggil ya kalau kepada Ma’ruf Amin karena beliau juga yang dari awal mendirikan PKB, dan kemarin juga memberikan komentarnya,” katanya di Kantor PBNU, Jakarta, Senin 5 Agustus 2024. 

“Orang-orang tua kita yang tahu, dan mungkin sebagai pelaku sejarah dari PKB itu dan NU. Tentu kami kalau yang muda diundang ke sini, yang tua kami akan sowan ke tempatnya masing masing untuk memenuhi informasi yang cukup,” ujarnya.

Walaupun demikian, ia mengatakan bahwa pihaknya akan membicarakan di internal Tim Panel terkait siapa yang akan diundang maupun dikunjungi.

Baca Juga: Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid Sebut Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf dan Gus Ipul Kerap Gembosi Partainya

Pada kesempatan itu, ia menjelaskan bahwa PBNU sebelumnya telah membentuk pansus untuk menyinkronkan dan mengharmoniskan hubungan dengan PKB sebagai bentuk tindak lanjut hasil pleno yang lalu.

"Yang lalu ditunjuk Anwar Iskandar, Wakil Rais Aam PBNU dan Amin Said Husni sebagai juga Wakil Ketua Umum, kemudian membentuk beberapa orang, tim panel, melakukan pendalaman-pendalaman," jelasnya.

Ia mengatakan bahwa informasi tersebut akan dihimpun menjadi rekomendasi kepada PBNU terkait langkah yang bisa diambil untuk mengharmoniskan hubungan dengan PKB.

Baca Juga: Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf Apresiasi Sikap Jokowi yang Menyampaikan Maaf di Akhir Masa Jabatan

"Sebagaimana sudah diketahui, Rabu 31 Juli lalu, Lukman Edy, mantan Sekjen PKB sudah diundang ke PBNU, dan hadir, dan kita bercakap banyak hal, dan juga mendapat informasi yang banyak," katanya menambahkan.***

Sumber: Antara

Berita Terkait