DECEMBER 9, 2022
News

Tanri Abeng MBA, Tokoh Bisnis Manajer 1 Miliar yang Menginspirasi Anak Muda di Zamannya Meninggal

image
Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng. ANTARA/Aji Cakti/pri.

POLITIKABC.COM - Mantan Menteri Negara Pendayagunaan BUMN Tanri Abeng MBA, dikabakrkan telah meninggal pada Minggu dini hari, 23 Juni 2024, pukul 02.36 WIB.

Tokoh bisnis yang dijuluki “Manajer 1 Miliar” yang banyak menginspirasi anak muda di zamannya ini meninggal di Rumah Sakit Medistra, Gatot Subroto, Jakarta. 

Kabar meninggalnya Tanri Abeng MBA ini dibenarkan oleh Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu. 

Baca Juga: Sejumlah Akademisi dan Tokoh di Bali Serukan Harapan Pilkada 2024 Hasilkan Pemimpin Pro Rakyat

“Meninggal dunia tadi malam sekitar pukul dua, di Rumah Sakit Medistra,” kata Said, dikutip dari Antara, Minggu 23 Juni 2024.

Tanri Abeng MBA meninggal di usia 82 tahun dalam perawatan di Rumah Sakit Medistra Gatot Subroto Jakarta.

Tanri Abeng ialah mantan menteri negara Pemberdayaan BUMN (1998-1999) yang pada zamannya tahun 1990-an dijuluki “Manager Satu Miliar” karena waktu itu dia digaji Rp1 miliar sebagai profesional.

Baca Juga: Pameran Foto di Belanda Tampilkan Dua Tokoh TNI AU yang Punya Pengaruh Besar di Era Kolonial 

Dikutip Politikabc dari Orbitindonesia, disebutkan kala itu, gaji seorang pekerja di Indonesia rata-rata hanya Rp150 ribu sampai Rp300.000 per bulan.

Tanri Abeng MBA juga profesional yang bergelar bisnis MBA yang kemudian menginspirasi banyak anak-anak muda masuk ke jurusan bisnis.

Tanri Abeng yang lahir di Sulawesi Selatan, 7 Maret 1942 ini lama menekuni karier sebagai pebisnis. 

Baca Juga: Airlangga Hartarto dan Sejumlah Tokoh dengarkan Pemaparan tentang Kebangsaan dari Prabowo

Di bidang politik ia pernah menjabat sebagai menteri negara Pendayagunaan BUMN di kabinet pembangunan VII dan kabinet reformasi pembangunan.

Tantri masuk ke dunia politik pada 1991 dan mewakili Golkar duduk di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). 
Selanjutnya tahun 1998 ia ditunjuk oleh Presiden Soeharto sebagai Menteri Negara Pendayagunaan BUMN pada Kabinet Pembangunan VII dan dilanjutkan dengan jabatan yang sama di Kabinet Reformasi Pembangunan pimpinan Presiden BJ Habibie.

Sebagai profesional, alumnus Universitas Hasanuddin ini pernah didtunjuk sebagai Komisaris Utama PT Telkom Indonesia 2004.

Kemudian pada tahun 2010, Tanri Abeng menyelesaikan pendidikan doktor dalam Ilmu multidisiplin dari Universitas Gajah Mada.

Setelah lebih dari empat dekade, malang melintang di perusahaan multinasional dan pemerintahan, tahun 2011, ia mendirikan Universitas Tanri Abeng, yang berlokasi di Ulujami, Pesanggahan, Jakarta Selatan.

Ia mengatakan pendanaan untuk membangun kampus ini ia peroleh dari hasil menjual hotel Hotel Aryaduta yang ia miliki dari hasil bermitra dengan James Riady (pemilik Lippo Group) pada 1995 di Makassar.

Pada awal tahun 2012, Tanri menjabat sebagai CEO OSO Group, menggantikan Oesman Sapta Odang. OSO Group bergerak dibidang pertambangan, perkebunan, transportasi, property, dan hotel. ***

Sumber: Antara, Orbitindonesia

Berita Terkait