POL - 24 Juli 2023 Prosesi adat Mopotilolo menyambut kedatangan Pelaksan"> POL - 24 Juli 2023 Prosesi adat Mopotilolo menyambut kedatangan Pelaksan"> POL - 24 Juli 2023 Prosesi adat Mopotilolo menyambut kedatangan Pelaksan"> POLITIKABC.COM - Update Yourself
DECEMBER 9, 2022

Prosesi Adat Mopotilolo Sambut Muhamad Mardiono di Gorontalo

image
Plt. Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono saat tiba di Rumah Dinas Bupati Gorontalo, di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. (Rmol)

POL - 24 Juli 2023 Prosesi adat Mopotilolo menyambut kedatangan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono saat tiba di Rumah Dinas Bupati Gorontalo, di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, pada Minggu siang (23/7). Muhamad Mardiono mengatakan, kunjungan itu memiliki dua tujuan. Ini adalah kerja konsolidasi partai, sekaligus kerja negara sebagai Utusan Khusus Presiden (SPE) di bidang kerja sama penanggulangan kemiskinan dan ketahanan pangan.  “Saya akan berada di Gorontalo sampai besok, untuk konsolidasi internal PPP. Serta kedua untuk silaturahmi dan diskusi kondisi terkini di Gorontalo maupun nasional bersama bupati dan gubernur,” tutur Muhamad Mardiono, Mardiono mengatakan, kedatangannya disambut dengan prosesi adat yang bertujuan untuk menjaga segala aktivitasnya dan menjaganya dari bahaya.  “Di sini ada upacara adat sebelum melakukan aktivitas agar dilindungi dan terhindar dari bahaya. Bahkan, sudah didoakan juga dengan ulama agar semua proses konsolidasi politik dan kenegaraan berjalan baik,” terangnya. Sementara itu, Bupati Gorontalo, Nelson Pomaringo, mengatakan prosesi adat penyambutan Mohamad Mardiono merupakan bentuk apresiasi atas kehadiran Gorontalo.  “Kami bangga dan apresiasi kepada Pak Ketum sekaligus sebagai utusan khusus presiden. Kami terima secara adat dan berdoa agar beliau selalu sehat menjalankan urusan partai maupun pemerintahan,” kata Nelson. Proses adat Mopotilolo merupakan tradisi tradisional penduduk Gorontalo untuk menyambut tamu-tamu terhormat. Prosesi adat diawali dengan pengalungan kain khas Gorontalo dan penyambutan lainnya. Setelah rangkaian adat, minuman dan kue khas Gorontalo pun disajikan.  (Fa, Rml, Pol)  

Berita Terkait