DECEMBER 9, 2022
Nusantara

181 Eks Narapidana Terorisme di Sulawesi Tengah, Ikuti Pelaksanaan Upacara HUT ke-79 Republik Indonesia

image
Kapolda Sulteng Irjen Pol Agus Nugroho melaksanakan upacara bersama 181 eks napiter dan sejumlah masyarakat di Desa Tanalu, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso/ ANTARA/Humas Polda Sulteng

POLITIKABC.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) bersama 181 eks narapidana terorisme (napiter) melaksanakan Upacara HUT ke-79 Republik Indonesia di Kabupaten Poso.

"Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk merayakan kemerdekaan Indonesia, sekaligus mengirim pesan kuat tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa," kata Kapolda Sulteng Irjen Pol Agus Nugroho di Poso, Sabtu 17 Agustus 2024. 

Ia mengemukakan upacara HUT RI juga menjadi simbol rekonsiliasi dan integrasi eks napiter kembali ke masyarakat.

Baca Juga: Tak Terbatas Ruang, Purnawirawan TNI AL Gelar Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di atas KRI Rajiman Wedyodiningrat-992 

"Upacara HUT RI menunjukkan bahwa mereka yang pernah terlibat dalam aksi radikalisme memiliki kesempatan untuk kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujarnya.

Kapolda juga menyoroti keberhasilan program deradikalisasi di provinsi ini dan ke depan program tersebut lebih dimantapkan sebab masih ada tantangan, salah satunya yakni stigma sosial.

"Komitmen Polda Sulteng untuk terus meningkatkan kualitas program deradikalisasi dan memberikan dukungan yang komprehensif," ucapnya.

Baca Juga: Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri Sembilan Tahun Tidak Memimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI

Ia menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai kebangsaan, seperti nasionalisme, patriotisme, toleransi, dan gotong-royong, kepada generasi muda dalam mengokohkan persatuan.

"Kami terus melibatkan generasi muda dalam berbagai kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa cinta Tanah Air," ujar Kapolda.
 
Ia menambahkan generasi muda perlu menjaga semangat persatuan dan kesatuan, karena ke depan mereka menjadi generasi penerus untuk membangun bangsa.

Upacara yang diikuti 300 lebih masyarakat diharapkan menjadi momentum penting untuk memperkuat ikatan sosial dan mempertegas komitmen bersama dalam menjaga keutuhan NKRI.

Baca Juga: Wakil Presiden Ma'ruf Amin Maknai HUT Ke-79 Republik Indonesia Sebagai Upacara yang Mendandai Pamitan Terakhir Kalinya

"Jadilah generasi yang cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia untuk negara," kata Kapolda Sulteng Agus Nugroho.***

Sumber: Antara

Berita Terkait