DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Pemandangan Istana Negara Pagi Ini, 2000 Prajurit TNI dan Polri Jaga Keamanan Upacara HUT Ke-79 RI di IKN

image
Warga Sampit Kalimantan Tengah Wahyudi (kiri) bersama dengan pekerja kemenko 1 IKN Dewo di depan Istana Negara IKN, Sabtu/ ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

POLITIKABC.COM - Lapangan upacara Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, menunjukkan pesona yang mengesankan menjelang peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada Sabtu pagi, meskipun langit terlihat mendung.

Dalam perayaan pertama HUT Ke-79 RI di IKN ini, Lapangan Istana Negara IKN yang seluas 14.250 meter persegi tampak megah dengan sentuhan nuansa kebangsaan. Upacara diadakan di lapangan terbuka yang dihias dengan berbagai elemen simbolik kemerdekaan.

Selain aspek infrastruktur, persiapan keamanan juga diperhatikan dengan pengerahan sekitar 2.000 anggota TNI dan Polri di area ring 2 dan 3 kawasan IKN. Mereka bertanggung jawab atas pengamanan di darat, laut, dan udara untuk memastikan kelancaran perayaan HUT RI di IKN.

Baca Juga: Daftar Nama Pelajar dari 38 Provinsi yang Bertugas Menjadi Paskibraka di IKN

Pengamanan ketat di sekitar lokasi upacara dilakukan oleh Paspamres di setiap sudut lapangan, menjamin keamanan dan kelancaran acara dengan penuh rasa hormat dan semangat kebanggaan nasional.

Lapangan upacara berbentuk persegi panjang dengan kapasitas sekitar 1.500 hingga 1.800 tamu itu telah terpasang podium yang dipersiapkan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berperan sebagai inspektur upacara mulai pukul 11.00 WITA.

Pada bagian tengah lapangan tersedia tiang bendera setinggi 17 meter dengan diameter 1,5 meter yang menjadi lokasi pengerekan Sang Saka Merah Putih oleh Paskibraka Nasional 2024.

Baca Juga: Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT Ke-79 Republik Indonesia di IKN, Tamu Undangan Berdatangan Naik ART

Tepat di belakang podium, tampak panggung kehormatan yang diisi oleh para tamu VVIP dari kalangan pejabat tinggi negara hingga duta besar perwakilan negara sahabat.

Tamu VVIP, termasuk Presiden Jokowi dan presiden terpilih Prabowo Subianto, memperoleh kursi duduk di barisan tengah paling depan.

Panggung ini dipasang khusus untuk upacara, dengan berlatar ornamen Burung Garuda Raksasa Istana Garuda IKN, yang mencerminkan kemegahan kompleks Istana Kepresidenan.

Baca Juga: Begini Kesiapan Tim Kesehatan yang Bertugas di IKN untuk Upacara HUT ke-79 Republik Indonesia

Di sisi kiri dan kanan lapangan terdapat dua area khusus yang diperuntukkan bagi tamu VIP dan kepala lembaga.

Plaza Seremoni berkapasitas sekitar 1.000 tamu difungsikan sebagai area tamu undangan lainnya, seperti tokoh masyarakat dan perwakilan dari berbagai organisasi. Mereka ditempatkan dalam barisan yang rapi dan teratur, dengan jarak yang cukup untuk memastikan semua dapat mengikuti jalannya upacara dengan pandangan yang jelas.

Pada bagian sisi belakang lapangan terpasang dua layar LED berukuran besar untuk siaran langsung upacara secara hibrid di Istana Negara IKN dan Istana Merdeka Jakarta.***

Sumber: Antara

Berita Terkait