DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Sambut HUT Kemerdekaan RI, Taman Kusuma Bangsa di IKN Dihiasi dengan Beragam Bunga Jelang Malam Renungan Suci

image
Taman Kusuma Bangsa di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN) mulai didekorasi dengan berbagai jenis bunga menjelang penyelenggaraan malam renungan suci, sebagaimana dipantau di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur/ANTARA/Putu Indah Savitri

POLITIKABC.COM - Taman Kusuma Bangsa yang terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN) kini sedang didekorasi dengan berbagai jenis bunga menjelang malam renungan suci.

Berdasarkan laporan dari ANTARA, pada hari Jumat 16 Agustus 2024, area di Taman Kusuma Bangsa di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, telah dihiasi dengan bunga-bunga bernuansa merah putih yang akan digunakan untuk acara malam renungan suci.

Di antara bunga-bunga tersebut, anggrek bulan yang merupakan bunga nasional Indonesia juga turut menghiasi taman ini.

Baca Juga: Kementerian PUPR Pastikan IKN Bukanlah Ibu Kota yang Eksklusif

ANTARA juga melaporkan bahwa mulai pukul 17.00 WITA, Taman Kusuma Bangsa akan dilakukan sterilisasi. Meski demikian, akses kendaraan dan aktivitas masyarakat di sekitar area tersebut sudah mulai dibatasi.

Taman Kusuma Bangsa menjadi tempat pelaksanaan renungan suci dan apel kehormatan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara.

Taman Kusuma Bangsa yang dirancang I Nyoman Nuarta mengangkat konsep bangunan monumental.

Baca Juga: Prabowo Pastikan akan Menyelesaikan Pembangunan IKN: Anggaran yang Kita Siapkan Cukup Besar

Melalui rancangannya, Nuarta menggambarkan perjuangan panjang kemerdekaan bangsa Indonesia, yang diwujudkan melalui patung Proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta, serta sayap burung garuda setinggi 17 meter dan tiang bendera setinggi 79 meter.

Sayap garuda menjelma menjadi sayap pelindung Nusantara, yang dapat diterjemahkan sebagai lambang perlindungan dan persatuan seluruh wilayah Nusantara.

Api abadi menjadi simbol semangat juang yang tidak pernah padam sebagai perlambang dari tekad bangsa yang terus menyala.

Baca Juga: Paskibraka 2024 Sampaikan Rasa Bangga Bisa Menjadi Pasukan Pengibar Bendera di IKN

Taman itu dirancang sebagai tempat untuk mengenang jasa pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia.***

Sumber: Antara

Berita Terkait