DECEMBER 9, 2022
International

Selamat dari Upaya Pembunuhan, Donald Trump Ngotot Tetap Hadiri Konvensi Nasional Partai Republik di Milwaukee

image
Donald Trump dilindungi petugas pengamanan usai insiden penembakan ketika berpidato di Pennsylvania pada Sabtu 13 Juli 2024 (Antara/Youtube/@GOP/B019)

POLITIKABC.COM - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menegaskan akan tetap menghadiri Konvensi Nasional Partai Republik di Milwaukee, Wisconsin.

Keputusan itu disampaikan Donald Trump, sehari setelah percobaan pembunuhan yang menyebabkan dirinya mengalami luka tembak di bagian kuping. Beruntung Donald Trump selamat dari upaya pembunuhan itu. 

Di jaringan media sosial miliknya, Truth Social, Donald Trump mengumumkan bahwa pada awalnya dia akan menunda perjalanannya ke Wisconsin pasca peristiwa mengerikan itu.

Baca Juga: Tidak Hanya Donald Trump, Ini Daftar Mantan, Kandidat hingga Presiden Amerika Serikat yang Selamat dari Upaya Pembunuhan

Namun, ia kemudian berubah pikiran dan tidak bisa membiarkan seorang penembak atau seseorang yang berpotensi membunuh, mengubah jadwal kegiatannya.

"Oleh karena itu, saya akan berangkat ke Milwaukee sesuai jadwal pada pukul 3:30 sore hari ini. Terima kasih!" tulisnya di media sosial, Minggu 14 Juli 2024. 

Penegak hukum telah mengidentifikasi pelaku percobaan pembunuhan Trump yaitu Thomas Matthew Crooks, seorang pria berusia 20 tahun dari Pennsylvania.

Baca Juga: Kasus Penembakan Donald Trump, Presiden China Xi Jinping Sampaikan Turut Prihatin

Crooks ditembak mati oleh agen Secret Service setelah ia melepaskan tembakan dari tempat yang menurut agen tersebut merupakan posisi tinggi di luar lapangan Butler, Pennsylvania, tempat Trump berpidato di hadapan para pendukungnya menjelang pemilu presiden November mendatang.

Pihak berwenang hingga kini belum mengungkap motif penembakan tersebut.

Penembakan itu tidak hanya melukai Trump, tetapi juga menewaskan satu orang dan menyebabkan dua orang luka kritis.

Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro mengidentifikasi peserta kampanye yang meninggal sebagai Corey Comperatore, mantan kepala pemadam kebakaran.

Shapiro mengatakan Comperatore "meninggal sebagai pahlawan," karena ia tewas ketika melindungi keluarganya dari tembakan.***

Sumber: Antara

Berita Terkait