DECEMBER 9, 2022
News

Merespons Kelakuan Hasyim Asy'ari Jadi Pelaku Pelecehan Seksual, Megawati Soekarnoputri: Sedih Saya

image
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dalam pidatonya di kawasan Lenteng Agung/. ANTARA/HO-PDIP

POLITIKABC.COM - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri mengaku sedih atas kelakuan Hasyim Asy'ari yang diduga menjadi pelaku pelecehan seksual. 

Atas perbuatannya, DKPP akhirnya memecat Hasyim Asy'ari dari jabatan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Hal ini disampaikan Megawati di kawasan Lenteng Agung, Jakarta, Jumat 5 Juli 2024. Megawati masih tidak menyangka, sosok ketua KPU RI yang harusnya menjadi contoh, justru memiliki perilaku yang tidak terpuji.

Baca Juga: Presiden Jokowi Pastikan Segera Proses Keppres Pemberhentian Ketua KPU Hasyim Asy'ari

"KPU, nah kemarin. Itu saya ngomong begini kenapa? Karena saya warga bangsa. Sedih saya melihat yang namanya pemerintahan Republik Indonesia, itu 'kan bagian, kok begitu ya, pusing saya," ujarnya.

Padahal, KPU memiliki fungsi untuk mengayomi masyarakat. Hal ini mengingat, lanjut Mega, masyarakat masih berada pada bayang-bayang kemiskinan, ketidakadilan, dan berbagai pembelengguan untuk berpartisipasi dengan setara dalam seluruh proses kehidupan dan berbangsa.

"Padahal, fungsinya mengayomi, memberikan tadi saya ngomong, masih terjaga oleh kemiskinan, ketidakadilan, dan berbagai pembelengguan atas hak-haknya untuk berpartisipasi dengan setara dalam seluruh proses politik, ekonomi, dan pembangunan kemajuan bangsa," katanya.

Baca Juga: Usai Pemecatan Hasyim Asy'ari, KPU RI Tunjuk Mochammad Afifuddin Sebagai Plt Ketua

Sebelumnya, Rabu 3 Juli, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari berterima kasih kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI yang telah menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada dirinya terkait dengan kasus dugaan asusila.

Hal itu disampaikan Hasyim dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu 3 Juli. 

"Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan, saya mengucapkan alhamdulillah dan saya ucapkan terima kasih kepada DKPP yang telah membebaskan saya dari tugas-tugas berat sebagai anggota KPU yang menyelenggarakan pemilu," ujar Hasyim.

Baca Juga: Buntut Data C Hasil Caleg DPR RI dari PDIP Hilang, Partai Demokrat Laporkan KPU Kota Serang ke Polda Banten

Ia juga meminta maaf kepada awak media apabila selama menjabat sebagai Ketua KPU RI terdapat perkataan atau tindakan yang kurang berkenan.

"Kepada teman-teman jurnalis yang selama ini berinteraksi berhubungan dengan saya, sekiranya ada kata-kata atau tindakan saya yang kurang berkenan saya mohon maaf," katanya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait