DECEMBER 9, 2022
Politik

Kunjungan Ridwan Kamil di Badan Musyawarah Betawi Jatinegara Diwarnai Keributan

image
Salah satu ormas mendatangi acara Badan Musyawarah (Bamus) Betawi yang dihadiri oleh Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta Ridwan Kamil di Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur. ANTARA/Syaiful Hakim

POLITIKABC.COM - Kunjungan Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta Ridwan Kamil ke Badan Musyawarah (Bamus) Betawi di Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, pada malam Jumat, 6 September 2024, diwarnai dengan keributan. 

Sekelompok orang dengan atribut organisasi massa, tiba-tiba hadir dan menunjukkan ketidaksetujuan terhadap acara Bamus Betawi yang dihadiri oleh Ridwan Kamil. 

Mereka mengkritik acara bertema Gerakan Membangun (Gerbang) Betawi tersebut karena dianggap tidak memperhatikan masyarakat asli Betawi yang tinggal di sekitar Bamus Betawi.
 
"Saya mendukung acara ini, tapi kenapa masyarakat sekitar tidak dihargai. Kami sudah lama tinggal di sini," kata salah satu pria yang meluapkan emosinya itu kepada panitia kegiatan tersebut.

Baca Juga: Mengenal Ridwan Kamil, dari Gubernur Jabar Kini Bertekad Maju di Pilkada Jakarta 2024

Ketua Forum Betawi Rempug (FBR) Rawa Bunga Abah Latief menjelaskan peristiwa tersebut hanya masalah kesalahpahaman komunikasi antara panitia acara dengan masyarakat setempat. Ia menegaskan bahwa situasi sudah diselesaikan dengan damai.
 
"Memang kami mendukung RK (Ridwan Kamil), tapi kami tidak dilibatkan dalam acara ini. Ini hanya kesalahpahaman saja, dan semuanya sudah berdamai," ujar Abah Latief.

Sementara itu, Ketua Umum Bamus Betawi Muhammad Rifki alias Eki Pitung menjelaskan  pihaknya dengan FBR sudah berdialog dan melakukan mediasi.
 
"Jadi, tadi sebenarnya bukan enggak ada koordinasi. Kita udah anggap keluarga gitu dan melihat situasinya. Akhirnya kita saling membuka persoalan, oh itu ada titik temu ya terus kita langsung memaafkan," katanya***

Sumber: Antara

Berita Terkait