DECEMBER 9, 2022
Politik

Kejutan PDI Perjuangan di Pilkada Jabar 2024, Daftarkan Duet Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja ke KPU Jelang Tengah Malam

image
Pasangan Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja yang diusung oleh PDIP berbicara lewat jaringan dalam pendaftaran Pilgub Jabar 2024 di KPU Provinsi Jabar. ANTARA/Ricky Prayoga

POLITIKABC.COM - PDI Perjuangan mengejutkan publik dengan mengusung pasangan Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Jawa Barat 2024.

Namun, keduanya hanya bisa hadir secara virtual saat pendaftaran di Kantor KPU Jawa Barat pada malam Kamis, 29 Agustus 2024. Dalam video yang ditayangkan, Jeje terlihat berada di sebuah bangunan yang mirip rumah, sedangkan Ronal tampak sedang dalam perjalanan di mobil.

Kehadiran Jeje dan Ronal secara daring mengejutkan banyak pihak, termasuk wartawan di Kantor KPU Provinsi Jawa Barat, terutama karena saat rombongan pengurus PDI Perjuangan tiba sekitar pukul 23.30 WIB, Ono Surono, yang sebelumnya banyak disebut-sebut sebagai calon gubernur dari PDI Perjuangan, terlihat hadir.

Baca Juga: Mengenal Ridwan Kamil, dari Gubernur Jabar Kini Bertekad Maju di Pilkada Jakarta 2024

Pendaftaran sempat mengalami penundaan sebelum akhirnya pada pukul 00.00 hari Jumat, 30 Agustus, Abdy Yuhana, perwakilan PDI Perjuangan Jawa Barat, memberikan penjelasan mengenai kehadiran mereka untuk mendaftarkan calon yang diusung oleh partai.

"PDI Perjuangan tidak kekurangan kader di kota/kabupaten. Tujuan Kami tak semata untuk meraih kekuasaan, tetapi bersama-sama menjaga demokrasi," kata Abdy.

Abdy yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa calon yang diusung oleh partainya memiliki pengalaman baik legislatif maupun eksekutif.

Baca Juga: Koalisi PKS-NasDem Resmi Dukung Ahmad Syaikhu dan Ilham Akbar Habibie di Pilkada Jabar

"Siapa pun yang kami usung adalah yang paham. Dan nama-nama calon tersebut berkasnya ada di tangan Ketua DPD PDI Perjuangan  Jabar (Ono Surono). Jadi, terjawab ya," tuturnya.

Kejutan pun hadir ketika bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari PDI Perjuangan dipersilakan untuk memberikan keterangannya. Pada saat itu muncul Jeje Wiradinata (Bupati Pangandaran) dan Ronal Surapradja (aktor) dalam video call. Namun, pada kesempatan itu Ono sendiri tidak berbicara dalam sesi tersebut.

Jeje dalam sambutannya secara virtual mengaku kaget atas pendaftaran sebagai kontestan dalam Pilgub Jabar 2024.

Baca Juga: Kabar Dukungan PDI Perjuangan Untuk Anies Baswedan di Pilkada Jawa Barat Menguat, Begini Respons Puan Maharani

"Saya dan Ronal akan maju di Pilgub Jabar. Kaget ketika mendengar hal ini dan saya memahami betul sebagai Bupati di kampung disurvei tidak ada, tapi hari ini bukan perihal itu. PDI Perjuangan adalah partai yang konsen terhadap demokrasi, tentu ini jadi yang paling pokok," ujarnya secara virtual.

Sementara itu, Ronal mengaku terkejut dengan penunjukan dirinya mendampingi Jeje Wiradinata pada Pilgub Jabar 2024.

"Seperti Pak Jeje, saya juga kaget. Akan tetapi, sekali lagi kagetnya sebentar, ini sebuah tugas diberikan partai kepada saya insyaallah saya siap maju sebagai wakil PDI Perjuangan," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Provinsi Jabar Ummi Wahyuni menuturkan bahwa berdasarkan peraturan KPU terbaru, ketika calon ada kendala dalam pendaftaran, diperbolehkan untuk memanfaatkan teknologi.

"Dan ini yang telah dilakukan oleh pasangan Jeje Wirianata dan Ronald," katanya.

Berkaca pada Pemilu 2024, PDI Perjuangan berada di urutan kelima mendapatkan 1.273.522 suara atau 11,03 persen. Angka ini merupakan penurunan drastis bagi PDI Perjuangan di Jabar. Pada Pemilu Anggota DPR RI 2019 di Jabar, PDI Perjuangan mendapatkan 14 persen lebih suara.

Dengan pasangan Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja ini, ada empat pasangan calon yang telah mendaftar dalam Pilkada Jabar, yakni Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan yang diusung Golkar, Demokrat, Gerindra, PSI, PAN, serta hampir semua partai nonparlemen seperti Partai Buruh, PBB, Gelora, Perindo.

Berikutnya pasangan Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie yang diusung PKS, PPP dan NasDem, kemudian pasangan Acep Adang Ruchiat dan Gitalis Dwi Natarina yang diusung PKB, merupakan calon ketiga yang mendaftar ke KPU Provinsi Jawa Barat.***

Sumber: Antara

Berita Terkait