DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Melihat Upacara Kemerdekaan Lewat Sebuah Televisi di Kantin, Rasa Nasionalisme Pekerja Konstruksi IKN Tetap Menyala

image
Pekerja konstruksi IKN berdiri tegak hormat bendera ketika menyaksikan pengibaran bendera upacara kemerdekaan Indonesia di Istana Garuda Kota Nusantara melalui televisi di Kantin HPK/(ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan)a Samarinda)

POLITIKABC.COM - Pekerja konstruksi di Ibu Kota Nusantara (IKN) menunjukkan antusiasme tinggi saat berdiri dengan penuh hormat menyaksikan upacara kemerdekaan lewat sebuah televisi.

Ketika pengibaran Bendera Merah Putih berlangsung selama upacara kemerdekaan yang disiarkan dari Istana Garuda Kota Nusantara melalui televisi di kantin hunian, para pekerja konstruksi tampak berdiri tegak dan hormat. Rasa nasionalisme mereka tak terbatas.

Sekitar pukul 09.00 WITA, terlihat pekerja konstruksi datang baik sendirian maupun dalam kelompok, duduk di bangku kantin HPK dan fokus menghadap televisi, menunggu dimulainya upacara kemerdekaan yang berlangsung di Istana Garuda.

Baca Juga: Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT Ke-79 Republik Indonesia di IKN, Tamu Undangan Berdatangan Naik ART

Dengan semangat, para pekerja mengikuti setiap tahap upacara kemerdekaan sambil menikmati makanan dan minuman yang mereka pesan di kantin. Tidak ada pekerja yang meninggalkan tempat meskipun makanan dan minuman sudah habis; beberapa di antaranya bahkan membeli lagi sambil terus menyaksikan siaran langsung upacara tersebut.

"Kami ingin lihat upacara kemerdekaan di Istana Garuda, walau nonton di televisi," celetuk salah satu pekerja konstruksi IKN, Kusno, saat menyaksikan upacara melalui televisi di kantin HPK.
 
"Hari ini pekerjaan dihentikan, dan ingin lihat upacara kemerdekaan, kami bangga walau hanya nonton upacara dari televisi," tambah Nurdin pekerja konstruksi IKN lainnya yang ikut menonton siaran langsung upacara di televisi kantin HPK.
 
Sekitar pukul 11.00 WITA, dengan suasana tergambar di televisi dengan suara lengkingan sirene terdengar dari penyuara televisi, para pekerja konstruksi di kantin HPK yang semula berbincang langsung hening mengikuti detik-detik proklamasi.

Ketika terlihat Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) dengan suara derap langkah seirama dan mantap terdengar dari penyuara televisi, suasana di kantin HPK semakin hening dan nampak para pekerja konstruksi IKN semakin antusias menyaksikan pengibaran bendera.

Baca Juga: Begini Kesiapan Tim Kesehatan yang Bertugas di IKN untuk Upacara HUT ke-79 Republik Indonesia

Setelah terdengar suara pekikan tegas komandan upacara dengan kalimat hormat bendera gerak dari penyuara televisi, pada pekerja antusias langsung berdiri tegak hormat bendera dan di kantin HPK penuh dengan nyanyian lantang Indonesia Raya yang keluar dari mulut para pekerja.

Setelah bendera Merah Putih berada di pucuk tiang, para pekerja kembali duduk bertahan, para pekerja meninggalkan kantin saat terlihat di layar televisi rangkaian upacara kemerdekaan usai.

"Kami juga bangga, walau bukan ikut dalam pekerjaan istana, tapi kami setidaknya ikut kerja bangunan laninya di Kota Nusantara," ujar Junaidi, pekerja konstruksi IKN lainnya saat akan kembali ke rusun HPK usai menonton siaran langsung upacara kemerdekaan di televisi kantin HPK itu.***

Sumber: Antara

Berita Terkait