DECEMBER 9, 2022
International

Konflik di Timur Tengah Terus Memanas, Presiden AS Joe Biden Gelar Pertemuan dengan Tim Keamanan 

image
Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) bertemu di Tel Aviv, Israel pada 18 Oktober 2023. (ANTARA/Anadolu Agency)

POLITIKABC.COM - Presiden AS Joe Biden akan mengadakan pertemuan dengan tim keamanan nasionalnya untuk membahas perkembangan di Timur Tengah, kata Gedung Putih.

Pertemuan Joe Biden yang tertutup bagi pers itu diadakan di Ruang Situasi di kompleks Gedung Putih, Senin 5 Agustus 2024.

Secara terpisah, Joe Biden juga akan berbicara dengan Raja Yordania Abdullah II terkait masalah tersebut.

Baca Juga: Orasi Denny JA: Mundurnya Joe Biden dan Kemungkinan Presiden Perempuan Pertama di Amerika Serikat

Sekitar 39.600 warga Palestina telah tewas dalam kurun waktu 10 bulan sejak Israel melancarkan serangan brutal terhadap Jalur Gaza yang dimulai pada 7 Oktober 2023 menyusul serangan oleh kelompok perlawanan Palestina Hamas.

Serangan itu telah memicu peningkatan ketegangan situasi regional, dengan eskalasi terbaru terjadi Rabu lalu 31 Juli ketika kepala politik Hamas Ismail Haniyeh dibunuh di ibu kota Iran, Teheran.

Kejadian tersebut terjadi sehari setelah serangan Israel di pinggiran kota Beirut yang menewaskan seorang komandan militer senior dari kelompok Hizbullah Lebanon.

Baca Juga: Usai Terbunuhnya Ismail Haniyeh, Presiden AS Joe Biden Rangkul Benjamin Netanyahu, Bahas Pengerahan Militer

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dilaporkan memerintahkan serangan terhadap Israel sebagai balasan atas pembunuhan Haniyeh.

Departemen Pertahanan AS, Pentagon, mengumumkan pada Jumat 2 Agustus bahwa AS akan mengerahkan aset militer tambahan ke TImur Tengah di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan tersebut.

"Departemen Pertahanan terus mengambil langkah-langkah untuk mengurangi kemungkinan eskalasi regional oleh Iran atau mitra dan proksi Iran," katanya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait