DECEMBER 9, 2022
News

40 Penumpang Kapal Samarinda Tenggelam, Ini Dugaan Awal Penyebabnya

image
Tim SAR gabungan Polres Anambas dan BASARNAS Kepulauan Riau melakukan evakuasi korban kapal tenggelam KM Samarinda di Perairan Anambas, Kepulauan Riau/ (ANTARA/HO-Polres Anambas)

POLITIKABC.COM - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Anambas-Kepri AKBP Apri Fajar Hermanto mengatakan pihaknya sedang menyelidiki penyebab tenggelamnya kapal motor (KM) atau Kapal Samarinda yang menewaskan tiga penumpang.

Peristiwa tenggelamnya Kapal Samarinda terjadi sekitar pukul 17.10 WIB, di Perairan Matak, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau.
 
Kapal yang membawa kurang lebih 40 penumpang Kapal Samarinda dari Pelabuhan Tarempa menuju Pelabuhan Matak. Sebanyak tiga penumpang dinyatakan meninggal dunia, enam orang kritis dan sisanya diselamatkan.
 
“Sementara tiga (penumpang) meninggal dunia,” katanya, Jumat 26 Juli 2025. 
 
Ketiga korban meninggal dunia karena tenggelam. Saat menerima laporan kapal tenggelam, Basarnas dan Polres Anambas melakukan upaya evakuasi korban dan kapal.

Proses evakuasi, kata Fajar, berlangsung tak lama sejak laporan diterima sampai pukul 19.00 WIB, dinyatakan selesai.

Baca Juga: Kapal Tenggelam Akibat Cuaca Buruk, Basarnas Kendari Evakuasi Empat Orang di Perairan Komponaone Wakatobi

Untuk korban meninggal dunia telah dibawa ke Rumah Sakit Matak dan Rumah Sakit Tarempa, sedangkan korban kritis dibawa ke RSUD Anambas.
 
Dalam rangka mencari tahu penyebab tenggelam, apakah karena faktor alam atau ada kesalahan manusia (human error), Polres Anambas masih mengumpulkan keterangan sejumlah saksi-saksi.
 
“Masih interogasi di lapangan awal, belum ada pemeriksaan,” kata Fajar.

Adapun dugaan sementara penyebab tenggelamnya kapal tersebut karena faktor cuaca, yakni gelombang angin selatan.

“Untuk awal karena gelombang angin selatan. Gelombang angin selatan kuat juga,” kata Fajar.***

Sumber: Antara

Berita Terkait