DECEMBER 9, 2022
News

Usulan PKS Tentang Formasi Pimpinanan Fraksi di DPR Diisi Perwakilan Seluruh Parpol, Begini Respons Cak Imin

image
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (tengah) saat memberikan keterangan pers usai menghadiri Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. ANTARA/Rio Feisal

POLITIKABC.COM - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin menyebut usulan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) agar pimpinan fraksi lembaga legislatif tersebut diisi oleh seluruh partai politik merupakan hal yang sulit.

Hal ini disampaikan Cak Imin usai menghadiri Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 9 Juli 2024.

Walaupun demikian, Cak Imin tersebut, tidak menampik kemungkinan terwujudnya usulan tersebut.

Baca Juga: Beda dengan PKS, Muhaimin Iskandar Sebut PKB Tidak Berniat Pasangkan Anies Baswedan dengan Sohibul Iman di Pilkada Jakarta

"Ya, itu prosesnya agak sulit karena harus mengubah undang-undang," katanya.

"Saya enggak tahu (mungkin atau tidak, karena mengubah, red.) undang-undang kan prosesnya lama," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima usulan dari PKS yang menginginkan agar formasi pimpinan DPR RI diisi oleh seluruh perwakilan fraksi partai di parlemen, seperti formasi saat ini pada pimpinan MPR RI.

Baca Juga: Kaesang Buka Peluang Koalisi PSI dengan PKS di Pilkada Serentak 2024 di Semua Daerah

Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, mengaku senada dengan usulan itu karena keterwakilan seluruh partai dalam pimpinan MPR memiliki manfaat. Pasalnya, keterwakilan itu membuat komunikasi dengan pimpinan partai politik bisa lebih lancar.

"Saya merasakan manfaat seluruh perwakilan partai politik ada di pimpinan MPR. Kalau DPR bisa meniru, itu sangat baik," kata Bamsoet saat berkunjung ke Kantor DPP PKS, Jakarta, Senin 8 Juli 2024.

Dikatakan bahwa usulan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu yang juga anggota DPR menilai jika pimpinan DPR diisi oleh semua partai politik, akan lebih nyaman.

Baca Juga: Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Terima Usulan PKS agar Formasi Pimpinan di DPR Diisi Perwakilan Seluruh Partai

Pada saat ini pimpinan DPR RI diisi hanya oleh lima perwakilan partai politik, yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Gerindra, dan Partai Kebangkitan Bangsa.***

Sumber: Antara

Berita Terkait